3 Cara untuk Membangun Jaringan yang Akan Mengubah Masa Depanmu

Kamu menutup telepon dengan teman. Kamu membuka email dari seorang rekan. Kamu menyurati seseorang yang akan melakukan pertemuan denganmu nanti. Bagaimana perasaanmu setelah melakukan interaksi ini? Jika kamu tidak mendapatkan energi, antusiasme dan kesempatan dari sebagian besar percakapan yang kamu miliki, tanyakan pada dirimu ini: Apakah kamu bergaul dengan orang yang tepat?

Dapatkah kamu membayangkan akan menjadi apa pekerjaan, kehidupan, atau bisnismu untuk lima tahun dari sekarang? Setiap bulan, detik demi detik adalah tanda berlalunya waktu. Setiap pengusaha, kalian selalu ingin memiliki sumber daya yang lebih dari waktu ke waktu. Mungkin sudah saatnya untuk menggunakan waktumu lebih baik, dan memilih secara bijak dengan siapa kamu ingin menghabiskannya. Untuk menjadi “sengaja” dengan fokusmu pada kesuksesan.

Seorang mentorku pernah mengatakan kepadaku, “Kehidupan yang kamu miliki, teman yang dapat diandalkan, buku-buku yang kamu baca, dan bahkan restoran tempat kamu makan, akan sampai pada orang kelima di mana kamu akan menghabiskan waktu dengannya akhir pekan ini. Pilih dengan bijaksana, karena rekomendasi dan ide-ide mereka mempengaruhimu lebih dari yang kamu bayangkan “Aku telah memperhatikan beberapa saran selama 18 tahun terakhir, dan aku telah belajar tiga hal.:

  1. Pentingnya Kesan Pertama

Lebih dari “apa yang kamu lakukan,” orang akan berjalan menjauh dan berbicara tentang “siapa kamu!”. Lain kali, memulai pada bagaimana kamu memperkenalkan diri, pertimbangkan untuk menulis dari sudut pandang mereka. Tuliskan beberapa baris (tidak lebih dari satu paragraf) yang kamu inginkan di mana seseorang dapat mengingat setelah percakapan pertama mereka denganmu. Berlatih lima sampai sepuluh kali, dan kemudian mengeditnya untuk lima sampai sepuluh orang berikutnya yang kamu temui.

  1. Segera Follow up

Setelah itu, “Tukarkan energi” dari bertemu dengan seseorang, kamu memiliki kesempatan untuk “Jatuh kembali” ke dalam kehidupan mereka untuk beberapa waktu. Tergantung pada tentang apa yang ingin kamu bicarakan, dan terutama jika kamu berjanji untuk mendapatkan sesuatu dari mereka, menindaklanjuti dengan sesuatu yang khusus untuk percakapan. Juga, pertimbangkan untuk mengirimkan sesuatu yang memperkuat kesan pertama yang kamu harapkan. Jika mereka akan menjadi seseorang yang mungkin mempengaruhimu selama lima tahun ke depan, kamu pasti akan ingin mereka tahu lebih banyak tentang kamu.

  1. Memberikan lebih awal

Waktu terbaik untuk membangun jaringan adalah ketika kamu memiliki sesuatu untuk diberikan. Refleksikan pada pengetahuanmu, pengalaman hidup, kepribadianmu, dan ketertarikan secara profesional. Bulan ini, tawarkan dirimu untuk menjadi tuan rumah sesi tanya jawab untuk Rotary setempat. Menawarkan diri untuk menulis, menerbitkan dan mencetak “manifestasi kecil” tentang kesuksesan pada almamater sekolahmu. Serta menawarkan untuk menyajikan ” Pelajaran Hidup Terberat Kamu dan Apa yang Kamu Petik Hikmahnya” untuk klub pengusaha lokal.

Buatlah prioritas untuk orang berikutnya yang akan mempengaruhi masa depanmu dengan cara yang positif. Coba pikirkan: jika kamu hanya bertemu satu orang baru setiap kuartal, dalam waktu dua tahun kamu bisa memiliki kehidupan yang tidak hanya berbeda dari yang kamu alami saat ini. Kamu akan bisa lebih kaya karena itu. Kaya pengalaman, kontribusi, kesehatan … dan dalam usaha bisnis kamu sendiri.

Oleh Jason Womack –Founder and Advisor, TimeToGetMomentum.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: